Meski Diguyur Hujan, Antusiasme Kader Perempuan di Latansa 2 Tak Surut

BEKASI. PKS.ID – Antusiasme kader perempuan PKS dalam mengikuti kegiatan Pelatihan Perempuan Siaga (Latansa) gelombang 2 di Buperta Cibubur (16/12/2017) cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan kehadiran 1700-an peserta yang hadir dalam acara tersebut. Meskipun hujan deras turun di tengah-tengah kegiatan, nampaknya tidak menyurutkan semangat para peserta.

Ketua Pelaksana Latansa gelombang 2, Aswani Putri Handayani menyatakan bahkan panitia kesulitan membendung arus pendaftaran karena menjelang hari H saja, masih ada yang mendaftar padahal sudah ditutup seminggu sebelumnya. Hal ini juga diamini Komandan Bidang Kepanduan dan Olahraga (BKO) DPD PKS Bekasi, Herizal. Ia menyatakan gelombang kedua ini lebih banyak peserta yang hadir dengan latar belakang usia yang beragam.

Program turunan dari DPP hingga DPW dan dieksekusi oleh DPD PKS ini, kata Herizal dimaksudkan menyiapkan kader-kader perempuan yang siaga menghadapi kondisi apapun. Latihan-latihan dan materi-materi yang diberikan saat Latansa diharapkan dapat diterapkan dan bisa menjadi bekal berbagi pengetahuan kepada pengurus juga masyarakat di lingkungan DPC dan DPRa masing-masing.

“Follow up-nya adalah menyiapkan kader perempuan yang siap siaga dalam kondisi apapun,” katanya, “hendaknya para kader perempuan yang telah mengikuti Latansa bisa sharing knowledge (berbagi pengetahuan) dan dapat dimanfaatkan,” imbuhnya.

Selain penyampaian materi seputar wawasan kepanduan dan kesantikaan, materi terkait teknologi informasi juga wawasan mengenai kesadaran keamanan dan politik oleh para pemateri dari DPW PKS Jawa Barat, peserta juga mendapatkan pembekalan langsung seputar bela diri, memadamkan api juga memasang-tutup katup gas LPG, hingga praktik melempar pisau dan memanah.

Acara yang dibuka dengan upacara dan senam nusantara ini berakhir pukul 17.00 WIB dengan pemberian door prize kepada para peserta. Ada kategori peserta terbanyak dan tersemangat dan dari DPC Jatiasih, juga ada kategori peserta paling menginspirasi di antara yang lainnya. Antara lain dari DPC Tunas Bangsa, Rawa Lumbu dan Jatiasih Karena walaupun dalam kekurangan dan keterbatasan mereka masih bisa semangat mengikuti acara dari pagi hingga sore hari.

Tim medis dan ambulance juga disiapkan demi kenyamanan dan kelancaran acara. Ada 2 dokter dan 4 perawat siap mengecek kesehatan peserta. Sementara panitia yang diterjunkan berjumlah sekitar 80 orang gabungan Santika dan Kepanduan. (A)

Be the first to comment on "Meski Diguyur Hujan, Antusiasme Kader Perempuan di Latansa 2 Tak Surut"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*