Pentingnya Soliditas dalam Amal Jamai

BEKASI.PKS.ID – Surat Ash-Shaf ayat 4 turun karena pertanyaan sederhana dari sahabat Abu Dzar al-Ghifary yang bertanya kepada Rasulullah saw tentang amalan apa yang paling baik.

Ustadz Abdurrahman Makatita dalam nasihatnya di hadapan ratusan kader DPC PKS Jatiasih Kota Bekasi mengatakan bahwa soliditas adalah salah satu amalan yang dicintai Allah swt.

“Pertama, soliditas tidak akan terwujud kecuali diawali dengan iman yang kokoh. Soliditas tidak akan terbentuk dalam sebuah jamaah kecuali anggota-anggotanya memiliki iman yang kokoh,” kata Ustadz Abdurrahman di Aula Pertemuan, Jatiluhur, Ahad (22/12).

Ustadz Abdurrahman menambahkan, iman yang benar harus dibuktikan dengan ibadah yang shohih, dengan mujahadah yang sungguh-sungguh, maka akan melahirkan iman yang amiq, iman yang kokoh.

“Kedua, jamaah yang solid pasti melahirkan kekompakan. Kekompakan akan diraih jika solid. Kekompakan itu sunnatullah,” jelasnya.

Kekompakan kader itu terlihat ketika setiap kader amanah dalam posisinya.

“Kita sebagai orang yang tidak diberikan amanah juga harus solid. Yang diberikan amanah oleh Allah sebagai aleg juga harus kompak, solid, jangan jalan sendiri,” tambah Ustadz asal Ambon tersebut.

Ketiga, kenapa Allah mencintai soliditas adalah karena ketika tidak solid dalam jamaah, maka dikenakan dosa.

Untuk dapat seperti bangunan yang kokoh yang tergambar dalam Surat Ash Shaf, para kader harus memiliki kualitas keimanan dan keikhlasan.

“Seorang ikhwah (kader), jika dia berkualitas tidak mungkin berjalan sendiri. Seperti bangunan, maka akan saling melengkapi. Bahkan dia harus mengajak yang lain seperti dia,” jelasnya.

Ciri soliditas yang harus dimiliki yang terakhir adalah kemampuan untuk bertahan, awet, ataupun berjalan lama.

“Dengan Tarbiyah, kita bisa mencapai soliditas. Soliditas adalah sunnatullah.
Semoga Allah jadikan kita hamba-Nya yang solid dalam ibadah, rumah tangga, keluarga, orang tua dan anak,” tutup Ustadz Abdurrahman.

Acara Silaturahim Kader DPC PKS Jatiasih tersebut merupakan acara serah terima antara pengurus lama dan pengurus yang baru dilantik. Selain itu, ada pula pemberian apresiasi bagi pengurus DPC dan Ketua DPRa periode sebelumnya yang telah mampu meningkatkan perolehan suara PKS di Pileg 2019 lalu menjadi 24 persen di Kota Bekasi.[Humas DPC PKS Jatiasih]

Be the first to comment on "Pentingnya Soliditas dalam Amal Jamai"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*