RKI, BPKK, dan DPC PKS Bekasi Utara Bersinergi Me-Launching UFC

BEKASI.PKS.ID – Bekasi Utara, Sabtu, (22/8/2020), BPKK (Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga) dan RKI (Rumah Keluarga Indonesia) DPC Bekasi Utara me-Launching UFC.

Acara yang bertempat di MD (Markaz Dakwah) DPC PKS Bekasi Utara tersebut dihadiri Ketua Umum, Abdul Ghofur, beserta pengurus DPC, Ketua BPKK Bekasi Utara, Annisa Nurbaiti beserta pengurus BPKK/RKI, enam Ketua Umum DPRa serta dua anggota legislatif dari dapil Bekasi Utara yakni Syaifudin, dan Heri Purnomo.

Santoso, Ketua DPRa Teluk Pucung yang kebetulan didapuk sebagai MC pada acara tersebut sempat heran dengan istilah UFC. “Kok UFC (Ultimate Fighting Championship) sebuah perusahaan promosi MMA (Mix Matrial Art) seni bela diri campuran yang berbasis di Las Vegas, Nevada Amerika Serikat,” pikirnya.

Ternyata setelah mengkonfirmasi ke panitia, UFC artinya Urban Farming Comunity, ungkap Teny salah satu punggawa RKI DPC PKS Bekasi Utara.

Urban Farming atau Pertanian Kaum Urban Perkotaan adalah bagian dari program Ketahanan Pangan DPP PKS. Program yang sudah cukup lama digulirkan sebagai solusi alternatif untuk mengatasi krisis ekonomi yang kian hari dirasakan masyarakat.

Program yang awalnya spot-spot kecil ini terus menjadi trigger point menginspirasi daerah-daerah lain dan harapannya terus menggelinding bak bola salju yang semakin ke bawah menjadi besar efeknya mengatasi krisis ekonomi di tengah-tengah masyarakat.

Di luar negeri program ini dikenal dengan sebutan Green Infrastructure Grant Program atau program hibah untuk infrastruktur hijau.

CAST (Council on Agriculture Science &Technologi) mendefinisikan urban farming atau Pertanian di area perkotaan ini mencakup:
1. Aspek kesehatan lingkungan
2. Remediasi dan rekreasi.

Perbedaannya antara pertanian urban dengan non urban cukup besar dan memiliki sejumlah tantangan antara lain:
1. Kondisi Sosio ekonomi perkotaan
2. Budaya hingga geografi
3. Iklim dan ruang lahan yang menimbulkan inovasi dan kebijakan pemerintah setempat.

Di negara-negra Eropa pertanian urban ini menimbulkan gerakan-gerakan kemasyarakatan seperti Foodies(pecinta kuliner yang hobi mengabadikan foto makanan dan restoran yang dikunjungi), locavore(mereka yang mengkonsumsi bahan-bahan lokal) dan organic growers(sistem budi daya pertanian yang mengandalkan bahan bahan alami).

Pertanian urban ini bisa menjadi sarana untuk:
1. Berbagi informasi dan jual beli produk
2. Mendatangkan penghasilan
3. Mengurangi pestisida dan penggunaan bahan kimia berlebihan, hingga
4. Mendatangkan ketahan pangan.

Pertanian perkotaan ini memiliki kegiatan memproduksi, memproses produk dengan penerapan produksi intensifikasi, memanfaatkan dan mendaur ulang sumber daya dan limbah perkotaan untuk mereproduksi ragam tanaman dan hewan ternak.

Di dalam sambutannya, anggota DPRD Kota Bekasi fraksi PKS, Syaifuddin mengapresiasi kerja keras RKI dan DPC Bekasi Utara. “Semoga kerja keras tersebut menjadi teladan dalam usaha ketahanan pangan bagi warga masyarakat Bekasi Utara,” imbuhnya.

Sedangkan Heri Purnomo anggota legislatif lainnya atau biasa disapa Herpur, mengutip ayat Al Qur’an di Surat As- Shaff ayat ke-4 yang terjemahannya berbunyi: Sesungguhnya Allah menyukai orang yang berperang dijalan-Nya dalam barisan yang teratur seakan-akan mereka seperti suatu bangunan yang tersusun kokoh.

Herpur berpesan agar keder-kader PKS bersinergi menjadi bangunan yang kokoh agar bisa menyelesaikan problematika sosial kemasyarakatan di lingkungan sekitarnya, begitu pesan politisi senior PKS yang diamanahkan sebagai ketua bidang kesra DPD PKS Kota Bekasi.

Acara launching tersebut juga menghadirkan seorang pakar Pertanian Kota Coach Buyung dari Lembaga Trustco. Profesinya bisa dikatakan sebagai penyuluh-penyuluh kelompok tani di era Presiden Soeharto.

Coach Buyung menyampaikan tips dan trik untuk menyemangati kader-kader PKS memulai kegiatan pertanian urban atau kader-kader PKS Bekasi Utara lebih senang menyebutnya sebagai kebun bersama.

Coach Buyung juga membangkitkan kesadaran kader-kader untuk aktif terlibat dalam kebun bersama ini dengan 4 kunci. 4 kunci keberhasilan tersebut antara lain:

1. Bersama-sama investasinya
2. Bersama-sama merawatnya
3. Bersama-sama panennya
4. Bersama-sama marketingnya

(sant)

Be the first to comment on "RKI, BPKK, dan DPC PKS Bekasi Utara Bersinergi Me-Launching UFC"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*