Heri Koswara Paparkan Kunci Utama Hadapi Pandemi Covid-19

BEKASI.PKS.ID – Ketua DPD PKS Kota Bekasi Heri Koswara hadir dalam pembukaan, “PKS Talk #01, Stay Safe From Covid-19” yang digelar DPC PKS Bekasi Barat, Ahad (6/9/2020) pagi.
Dalam webinar yang menghadirkan kepala Staf Fungsional Pulmonologi Respirasi RSUD Cileungsi Bogor, dr. Desiana Syaid, Sp.P,FISR, sebagai pembicara utama tersebut, Heri Koswara memaparkan perkembangan data Covid-19.

Pertama, ia memaparkan data negara-negara di dunia dengan kasus Covid-19 terbesar diantaranya Amerika Serikat, Brazil, India, Rusia dan Peru.
Selanjutnya provinsi di Indonesia dengan kasus terbanyak seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Untuk Kota Bekasi dan Kota Depok, kata Heri Koswara, harus diwaspadai karena masuk zona merah di Jawa Barat. Terus 9-10 kecamatan di Kota Bekasi masuk zona merah, hanya 2 kecamatan saja yang belum zona merah.

Kunci untuk menghadapi Pandemi Covid-19, kata Heri Koswara terdapat di Al Qur’an Surat Al Imran ayat 200.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Wahai orang-orang yang beriman! Bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.

Serta Hadits Shahih Riwayat Bukhari dan Muslim.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطَّاعُونُ آيَةُ الرِّجْزِ ابْتَلَى اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ بِهِ نَاسًا مِنْ عِبَادِهِ فَإِذَا سَمِعْتُمْ بِهِ فَلَا تَدْخُلُوا عَلَيْهِ وَإِذَا وَقَعَ بِأَرْضٍ وَأَنْتُمْ بِهَا فَلَا تَفِرُّوا مِنْهُ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tha’un (wabah penyakit menular) adalah suatu peringatan dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala untuk menguji hamba-hamba-Nya dari kalangan manusia. Maka apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Dan apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari daripadanya.” (HR Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid).

Sabar harus jadi kata kunci utama seluruh masyarakat menghadapi Covid-19. “Sabar, sabar dan sabar. Kita jangan banyak keluar kecuali urgent.”

Heri Koswara mengajak seluruh kader PKS dan masyarakat Kota Bekasi untuk bersabar menghadapi Pandemi Covid-19 dengan cara mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Kita harus menjadi kader-kader, menjadi anggota masyarakat yang aktif membantu masyarakat agar bisa menjalankan pola hidup sehat. Acara ini mudah-mudahan bisa dijadikan referensi. Pemerintah sekarang berada di persimpangan jalan. Kalau lockdown ekonomi semakin hancur, seperti ini terus korban semakin meningkat.”

Heri koswara juga mengingatkan agar kader PKS bahu membahu dengan seluruh stakeholder yang ada di setiap tingkatannya, dari wali kota hingga ketua RT. “Apalagi untuk anggaran hari ini, hanya untuk penanganan Covid-19 saja, eksekutif dibebaskan untuk mencoret kegiatan apapun untuk dialihkan ke penanganan Covid-19 ini.”

Terakhir, Heri Koswara mengajak seluruh kader PKS Kota Bekasi untuk mendoakan yang meninggal karena Covid-19. “Yang sudah dipanggil Allah SWT, guru-guru kita, dokter-dokter yang 100 lebih itu kita dokan. Selama almarhum-almarhumah taat kepada Allah maka balasannya adalah husnul khotimah. Untuk kita yang ada, terus dijaga, terus memberikan pencerahan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Be the first to comment on "Heri Koswara Paparkan Kunci Utama Hadapi Pandemi Covid-19"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*