Kulwap BPKK DPC PKS Pondok Gede Bahas “Peran Ibu Menciptakan Rumahku Surgaku”

BEKASI.PKS.ID – Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga Menyelenggarakan Kuliah WhatsApp (Kulwap) dalam rangka menyambut Hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2020. Seperti namanya kegiatan ini diselenggarakan melalui aplikasi Pesan WhatsApp pada Senin (21/12/2020) pukul 13.00 WIB. kegiatan daring ini diikuti oleh para pengurus RKI dan ibu-ibu majelis taklim se-kecamatan Pondok Gede.

Ustadzah Latifah Abdul Shomad sebagai narasumber Kulwap membawakan materi berjudul “Peran Ibu Menciptakan Rumahku Surgaku”. Sedari awal acara dimulai para peserta sudah antusias menyimak setiap rangkaian acara.

Ketua BPKK PKS Pondok Gede, Siti Maslahah menyatakan para kaum ibu di masa pandemi ini bisa lebih dekat dengan keluarga. Meskipun demikian, banyak tantangan yang perlu dihadapi selama anggota keluarga lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

“Bagaimana para ibu bisa menciptakan suasana nyaman dan aman dalam keluarga sesuai dengan tema besar Hari Ibu tahun ini adalah “Ibu Pilar Keluarga Sehat di era pandemi,” jelas Lala.

Ia berharap semoga pandemi segera berlalu dan berharap para ibu tetap kuat menerima kenyataan saat ini dengan tetap berpikiran positif serta tetap memerhatikan kondisi emosional keluarga.

Sementara itu Ustadzah Latifah dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa rumah merupakan awal dari segala aktivitas, basecamp bagi sebuah keluarga. Ia menukil beberapa ayat dari Al-Quran yakni surat Al Furqon ayat 74 dan Al Baqoroh ayat 187.

“Bagi istri, rumah adalah tempat pembinaan untuk dirinya, untuk suaminya, dan pembinaan untuk anak-anaknya. Semua berawal dari rumah,” kata Ustadzah Latifah.

Oleh karena itu, kata Latifah, dasar terbangunnya rumah tangga yang bahagia yaitu; 1) saling memberikan sikap kenyamanan, cinta dan kasih sayang. 2) saling menunjukkan adanya perhatian yang lebih.

Adapun faktor yang bisa mewujudkan kehidupan keluarga yang ideal (Mawaddah dan warohmah) antara lain:

  1. Agama dan Ibadah sebagai fondasi utama rumah tangga
  2. Akhlaqul Karimah dan pergaulan yang baik sebagai dinding Kokoh terbinanya rumah tangga
  3. Sabar dan Syukur sebagai perabot dan perhiasan rumah tangga

Ustadzah Latifah juga berpesan kepada para ibu jika ingin anak bahagia maka harus menerapkan 7 hal berikut;

  1. Akrab dengan anak
  2. Menepati janji
  3. Mampu berdialog dengan anak
  4. Melatih tanggung jawab anak dengan konsekuensi (positif dan negatif)
  5. Menerapkan disiplin yang konsisten
  6. Memberikan apresiasi kepada anak
  7. Menanamkan nilai dengan menjadi tauladan

“Namun tentu saja Rahmat Allah yang selalu menyertainya,” kata Ustadzah Latifah.

“Selamat mendayung keluarga menuju pulau “Baiti jannati. Rumahku surgaku,” tukasnya. (A)

Be the first to comment on "Kulwap BPKK DPC PKS Pondok Gede Bahas “Peran Ibu Menciptakan Rumahku Surgaku”"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*