Asep Arwin: Perlu Sinergi Antar Pemda Atasi Banjir

banjir bekasiAsep Arwin, M.Sc. turun dalam aksi banjir Bekasi

DPDPKSKOTABEKASI – Banjir yang mengepung sejumlah daerah di Kota Bekasi, Sabtu (20/2/2021) memantik kepedulian berbagai pihak.

Tak terkecuali Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Asep Arwin Kotsara. Ia terlihat bahu membahu bersama warga melakukan evakuasi korban banjir di Kelurahan Jatirasa Jatiasih Kota Bekasi.

“Ini menjadi tanggung jawab bersama, dari 12 prinsip penanganan kedaruratan bencana, saat ini prioritasnya adalah pada poin Tanggap Darurat dan Bantuan Darurat,” ungkap Asep di Jatiasih, Sabtu (20/2/2021).

“Sekarang kita fokus dulu ke lapangan! ini masyarakat kedinginan, kekurangan makanan, pakaian dan obat-obatan darurat, Pemprov Jabar dan Pemkot Bekasi harus cepat bergerak, jangan lambat!”

Anggota legislatif PKS itu meminta pemerintah daerah provinsi dan kota segera bersinergi guna mengatasi banjir.

Ia mengatakan musibah yang berulang hampir tiap tahun ini merupakan bencana antar wilayah. “Oleh karena itu, kedepannya mitigasi dalam bentuk kebijakan yang antisipatif dan sinergis diperlukan antar daerah,” harap anggota legislatif PKS tersebut.

Ia mengilustrasikan sinergi bisa saja dilakukan dengan membuat zona prioritas rawan banjir.

“Misal Pemda Bogor dan Pemkot Bekasi dapat bersinergi membuat zonasi rawan banjir. Nah pada zonasi itulah dilakukan perbaikan infrastruktur maupun sistem pengalihan aliran air,” ujar lulusan Teknik Mesin Chiba University of Tokyo tersebut. (RDK)

Be the first to comment on "Asep Arwin: Perlu Sinergi Antar Pemda Atasi Banjir"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*