Heri Koswara: Qurban Adalah Ibadah yang Menggerakkan

BEKASI.PKS.ID – Hari Raya Idul Adha menjadi momen yang pas untuk berbagi. Hal ini pun tidak dilewatkan oleh PKS Kota Bekasi. Sejak hari Jumat (1/9/17) hingga hari Ahad (3/9/17), kader PKS di banyak tempat di Kota Bekasi melaksanakan pemotongan hewan qurban.

“Mungkin karena mereka partai Islam pak. Jadi serius garap soal qurban,” ujar seorang warga Bintara Jaya Bekasi Barat yang ikut membantu kurban PKS pada Sabtu (2/9/17) pagi.

Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara pun hadir di pemotongan hewan kurban DPC Rawalumbu, Ahad (3/9/17) pagi serta ikut menyumbangkan hewan qurban. Kepada media, tokoh Betawi Jatiasih ini mengatakan PKS memang sangat menganjurkan kepada kader-kadernya untuk menyisihkan rezeki untuk berqurban.

“Ya, kita memang terus mendakwahkan itu. Qurban itu ibadah yang menggerakan. Ada perputaran ekonomi rakyat di situ. Ada nilai-nilai kebersamaan juga dengan tetangga saat motong qurban,” ujar Herkos yang juga bakal calon walikota Bekasi.

Herkos menyebut, untuk tahun ini ada 46 sapi dan 152 kambing yang dipotong dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat Bekasi dengan rincian:

1. Bekasi Timur : 3 sapi 5 kambing
2. Bantar Gebang : 5 sapi 10 kambing
3. Bekasi Utara: 4 sapi 14 kambing
4. Bekasi Selatan: 9 Sapi 10 kambing
5. Jatisampurna: 1 Sapi 5 kambing
6.Jatiasih: 2 sapi 8 kambing
7. Medan Satria: 2 sapi, 7 kambing
8. Pondok Melati: 3 sapi 6 kambiang
9. Bekasi Barat 7 sapi 70 kambing
10. Mustika Jaya: 2 Sapi 5 Kambing
11. Rawa Lumbu : 3 sapi 6 kambing
12. Pondok Gede : 23 sapi 48 kambing

“Yang dipotong melalui pengurus di tingkat kelurahan dan kecamatan segitu (46 sapi dan 152 kambing) selain itu ada juga kader yang menyalurkannya ke masjid dan mushola. Bahkan ada juga yang qurbannya melalui lembaga amal zakat. Itu ada juga kader yang kurbannya sampai ke Palestina dan negara-negara miskin di Afrika. Bahkan pengungsi Rohingya juga ada,” jelas pria yang mencalonkan diri menjadi Walikota Bekasi.

Heri Koswara dalam kesempatan Idul Adha ini juga menyampaikan hikmah ibadah qurban. Heri menyatakan selain menjadi ciri umat Islam, qurban membawa misi kebaikan yakni kepedulian pada sesama dengan cara menggembirakan kaum dhuafa. Selain itu, kata Heri, ada 5 hikmah lainnya yang bisa dipetik dari ibadah qurban antara lain:

1. Setiap helai bulu hewan Kurban memiliki nilai kebaikan.
2. ibadah kurban adalah ibadah yang paling disukai oleh Allah
3. Berkurban adalah ibadah yang paling utama
4. berkurban adalah sebagian dari syiar agama Islam
5. mengenang ujian kecintaan dari Allah kepada Nabi Ibrahim

Be the first to comment on "Heri Koswara: Qurban Adalah Ibadah yang Menggerakkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*