Bangun Kepedulian, RKI Kota Bekasi Berbagi untuk Para Ayah di Rumah Singgah Disabilitas

Hari AyahRKI Kota Bekasi berbagi untuk ayah tangguh disabilitas

DPDPKSKOTABEKASI – RKI Kota Bekasi, menyelenggarakan agenda berbagi paket di momentum “Hari Ayah” untuk para pejuang nafkah yang memiliki kebutuhan khusus.

Agenda yang diselenggarakan di Rumah Singgah Disabilitas Kota Bekasi ini terletak di Kecamatan Rawalumbu sebagai bentuk kepedulian untuk saudara yang berada disana pada (08/11/2021).

Rumah Singgah untuk para disabilitas ini didirikan oleh Paini dan Mail yang merupakan pasangan tokoh masyarakat yang peduli pada mereka yang difabel agar tetap semangat, mampu bersaing dan tidak pasrah dengan keadaan.

Dipimpin oleh Ketua RKI Kota Bekasi, Ii Marlina, agenda ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hari Ayah pada (12/11/2021).

“Di hari spesial untuk para ayah, kami dari Rumah Keluarga Indonesia, ingin memberikan penghargaan kepada ayah-ayah luar biasa yang ada di sini. Karena dalam keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki, ayah-ayah di sini membuktikan bahwa di balik keterbatasan tersebut Allah memberikan kecerdasan mengelola ide-ide kreatif yang jika dipadukan dengan kemauan dan keuletan, akan menghasilkan kerja atau amalan yang tak kalah dengan mereka yang normal secara fisik. Itulah alasan utama mengapa kami memilih rumah singgah ini sebagai salah satu tempat yang perlu kami kunjungi. Selain itu, dari teman-teman di rumah singgah ini, kami ingin menyerap ilmu hidup dan semangat yang belum tentu kami temui di luar sana,” ungkap Ii Marlina dalam sambutannya.

Dalam kunjungan tersebut tim RKI diterima dengan sangat baik dan sedikit mengejutkan bagi teman-teman rumah singgah, mengapa?

“Saya malah baru tahu ada Hari Ayah,” celetuk Paini polos, disambut derai tawa semua yang hadir di pertemuan siang itu.

“Bagi saya, tidak ada yang istimewa di Hari Ayah. Karena yang saya lakukan hanya apa yang memang sudah seharusnya saya lakukan sebagai seorang ayah,” ujar Mail sambil tersenyum saat ditanyakan pendapatnya tentang Hari Ayah.

Rumah Disabilitas yang terdiri dari dua bangunan sederhana tersebut, dihuni oleh lebih dari dua puluh penyandang disabilitas yang tinggal secara terpisah laki-laki dan perempuan. Teman-teman disabilitas di sana dilatih untuk bisa memiliki life skill hingga mampu memiliki usaha secara mandiri.

Berbagi untuk pejuang nafkah difabel tangguh di Rumah Disabilitas

“Berapa-berapanya, tidak pernah pasti, Mbak. Karena yang tinggal di sini, keluar masuk. Biasanya mereka yang keluar itu karena menikah atau sudah merasa bisa mandiri,” jelas Bu Neneng, alumni Rumah Singgah Bu Paini dan Pak Mail, yang kini sudah memiliki usaha jahit sendiri.

“Harapan kami, Pemda bisa lebih peduli dengan warga disabilitas seperti kami,” ungkap Pak Mail selanjutnya.

Kunjungan tersebut juga disertai dengan penyerahan kenang-kenangan berupa bingkisan yang merupakan tanda pertalian silaturahmi di antara RKI/BPKK DPD Kota Bekasi dengan Rumah Singgah Disabilitas Kota Bekasi.

Terakhir, sebelum undur diri, Tim RKI mendapat oleh-oleh yang sangat berharga dari teman-teman disabilitas berupa pesan dan harapan mereka untuk teman-teman dari PKS.

“Kami harap PKS kembali dan selalu bisa dekat dengan masyarakat. PKS bisa semakin peduli. Kami juga berharap, PKS bisa memimpin Bekasi lagi. Saya selalu mengikuti kiprah PKS, bahkan sejak dulu waktu masih bernama PK, saya terus mengikuti. Karena saya percaya dengan orang-orang PKS,” ungkap Pak Nurali dengan lugas, seorang Tuna Netra Alumni Rumah Singgah yang berprofesi sebagai Tukang Pijat Tuna Netra.

Di tempat lain, Ketua DPD PKS Kota Bekasi, Heri Koswara menyampaikan, secara khusus sosok ayah harus hadir bagi anak perempuannya sebagai pelindung dan pembimbingnya.

“Sedangkan bagi anak laki-lakinya, ayah akan adalah teladan dan kebanggaannya. Tidak penting apa pekerjaan ayah, keadaan ayah, bagi seorang anak kehadiran ayah dalam kehidupannya sudah cukup,” kata Heri.

“Selamat Hari Ayah,untuk semua Ayah Tangguh di Kota Bekasi,” pungkas Aleg DPRD Provinsi Jawa Barat Dapil Kota Bekasi dan Depok tersebut. (RDK)

Be the first to comment on "Bangun Kepedulian, RKI Kota Bekasi Berbagi untuk Para Ayah di Rumah Singgah Disabilitas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*